Pesona Panorama Alam Pulau Tidung


Pesona panorama alam Pulau Tidung

Pulau wisata ini kerap dikatakan potongan surga yang jatuh ke bumi karena panorama alam pesisirnya yang menakjubkan. Perairan berwarna biru kehijauan pada garis pantai yang panjang, pasir putih nan lembut, hingga deretan pepohonan kelapa yang daunnya melambai-lambai tertiup angin sepoi. Dua pantai yang populer di tempat ini adalah pantai Saung Perawan dan Pantai Cemara Kasih.




Lokasi paling diminati untuk melihat matahari atau terbenam di Pulau Tidung ini adalah di Jembatan Cinta yang menghubungkan kawasan Tidung Besar dan Kecil. Apalagi di sana ada mitos yang mengatakan bahwa pasangan kekasih yang datang berkunjung ke jembatan tersebut, kisah cintanya akan berakhir di pelaminan. Mitos semacam itu tentunya tak perlu dianggap terlalu serius namun sekedar kelakar belaka.
Aktivitas wisata di Pulau Tidung

Pulau dengan luas 35 hektar ini dihuni oleh sekitar 5000 jiwa penduduk sehingga fasilitas liburan yang tersedia cukup lengkap, termasuk atraksi wisata yang bisa Anda coba. Anda bisa sekedar berjalan-jalan di pantainya yang indah, snorkeling atau diving, bersepeda melintasi kampung-kampung nelayan, dan menjelajahi perairan di sekitar pulau dengan perahu nelayan.





Anda bisa menyewa perahu tradisional milik masyarakat setempat untuk pengalaman liburan yang unik itu. Tarif sewa perahu akan lebih murah bila patungan bersama rekan-rekan Anda. Ada beberapa tujuan untuk tour mini ini, yaitu menjelajahi kawasan hutan bakau di dekat pantai Saung Perawan, berperahu di sekitar pulau wisata Tidung,

Untuk mengakses pulau wisata ini Anda bisa naik kapal feri penyebrangan dari Muara Angke, dengan kapal milik Dinas Perhubungan, atau menyewa speed boat dari Dermaga Marina Ancol. Untuk pilihan yang terakhir ini Anda harus membayar tarif yang lebih mahal. Bagi wisatawan yang ingin menginap di pulau ini tersedia homestay yang dimiliki oleh masyarakat setempat, mengingat obyek wisata ini pengelolaannya memang berbasis masyarakat. Jadi tidak ada hotel atau resort di sini.


Untuk biaya penginapan Anda harus menyediakan dana sekitar 300 hingga 500 ribu untuk mendapatkan kamar dengan fasilitas standar, seperti kamar mandi dalam, tempat tidur springbed, AC, dispenser, dan sarapan pagi. Homestay yang terletak paling dekat dengan pantai umumnya bertarif lebih mahal dibandingkan yang lain. Dengan begitu Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang cantik seharian.



Bagi wisatawan yang lebih suka berkemah, Pulau Tidung kecil adalah camping ground yang cocok bagi Anda. Dengan membayar sebesar 50 ribu Anda akan mendapatkan fasilitas air bersih, kamar mandi, dan tempat ibadah di lokasi perkemahan ini. Selamat liburan!

Komentar