Wsata Kopeng


4 spot yang patut dikunjungi di daerah wisata Kopeng


Wisata Kopeng yang terletak di daerah lereng pegunungan adalah tempat yang cocok dikunjungi untuk anda yang ingin rehat sejenak dari kesibukan dan hiruk-pikuk kota.

Kawasan Wisata Kopeng berada di ketinggian 1.450 meter diatas permukaan laut, menyuguhkan pemandangan elok hawa sejuk khas pegunungan dengan berbagai wisata. Secara administratif, kawasan ini masuk wilayah Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Namun, karena lokasinya berdekatan dengan Kota Salatiga, masyarakat lebih melekatkan Kopeng dengan Salatiga daripada Semarang.

Lokasinya yang berada di sekitar lereng Gunung Merbabu ini menyuguhkan nuansa alam pegunungan. Kawasan ini bisa menjadi alternatif menarik untuk dikunjungi bersama teman-teman maupun keluarga. Jika anda melewati jalur Kopeng, daerah wisatanya akan cukup menonjol, terlebih lagi dengan menjamurnya bangunan hotel, penginapan, ataupun losmen. Kawasan Wisata ini Kopeng didominasi oleh berbagai wisata alam khas pegunungan yang menyegarkan.
Eksplorasi Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng

Sepanjang jalan menuju kawasan obyek Taman Wisata Kopeng, anda akan disuguhi pemandangan rimbunya hutan pinus. Karena letaknya di kaki gunung yang cukup tinggi, anda akan merasakan hawa yang cukup sjeuk khas pegunungan.

Taman Wisata Kopeng menawarkan berbagai wahana, mulai dengan waterpark, playground yang cukup luas, arena camping, serta outbound bagi anak-anak maupun dewasa. Fasilitas menarik lainya adalah, billiar, ATV, serta dilengkapi dengan restoran, family karaoke dan resort.


Apabila anda lebih suka tantangan yang lebih memacu adrenalin, cobalah aneka jenis flying fox setinggi 12 meter atau yang lebih menantang seperti spider jumper setinggi 20 meter. Untuk memasuki Taman Wisata Kopeng, anda cukup membayar sebesar IDR10.000. Namun bila anda akan mencoba wahana-wahana lainya, akan dikenakan biaya tambahan.
Alamat : Jalan Raya Salatiga-Magelang KM.15, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah
Jam buka : 08.00 – 16.30 WIB
HTM : IDR10.000

Air Terjun Umbul Songo

Sesuai namanya, Umbul Songo mengandung makna bahwa terdapat sembilan buah mata air yaitu mata air di sekitar Takelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur, Kopeng, Kali Sati, dan Peng. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang hobi berpetualang. Tinggi air terjun ini mencapai angka 15 meter, memiliki debit air yang cukup deras, terutama musim hujan. Dinding-dinding bebatuan disekitarnya juga menambah kesan sentuhan alami yang indah.


Untuk mengunjungi Air Terjun Umbul Songo, anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki. Medan yang akan ada lalui berupa jalan setapak berliku yang akan terasa licin selepas hujan. Meskipun melelahkan, tapi rasa lelah anda akan tergantikan dengan panorama alam yang menawan di air terjun yang jarang terjamah ini.

Bagi anda yang ingin menginap, tersedia juga hotel dekat dengan air terjun atau bisa menginap di rumah penduduk tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Untuk mengunjungi air terjun ini dikenakan tiket sebesar IDR5.000 per orang.
Alamat : Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
HTM : IDR5.000

Gunung Merbabu


Gunung Merbabu memiliki tiga puncak yang menawan, yaitu Puncak Kentheng Songo, Puncak Trianggulasi, dan Puncak Syarif. Dalam perjalanan menuju ketiga puncak ini, anda akan menyaksikanpesona indah pemandangan alam berupa jajaran pegunungan dan seringkali bisa melihat hamparan samudera diatas awan. Pada musim kemarau, cuaca cerah cukup mendukung meskipun suhu udara di malam hari bisa sangat rendah. Untuk mendaki Gunung Merbabu anda dikenakan biaya sebesar IDR15.000 sebagai retribusi mendapatkan fasilitas di basecamp dan parkir kendaraan.
Alamat jalur I : Cuntel, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah
Alamat jalur II : Thakelan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah
HTM : IDR15.000

Kopeng Treetop Adventure Park

Para pecinta adrenalin pasti sudah tidak asing dengan tempat ini. Kopeng Treetop Adventure Park merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang tersebar diseluruh dunia dan memiliki sekitar 350 jaringan. Meskipun baru diresmikan Mei 2016 lalu, wisata ini menjadi bidikan bagi yang suka tantangan.

Terletak di lahan yang cukup luas yaitu hutan pinus seluas 7 hektar, area ini dilengkapi dengan 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox, dan giant Tarzan jump. Wahana-wahana inilah yang akan menciptakan sensasi fun , adventure, serta uji adrenalin menjadi satu dan tak terlupakan.


Setiap sirkuit dirancang sedemikian rupa dengan tingkat kesulitan yang berbeda baik untuk dewasa dan anak-anak. Model wahanya ini dirancang menggunakan tali-temali sebagai penyambung ke permainan berikutnya. Wisata ini sukses menguji kekompakan dan keberanian anda dalam menghadapi berbagai variasi tantangan.
Alamat : Jl. Raya Kopeng, Batur, Semarang, Jawa Tengah
Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
HTM : IDR110.000 (anak-anak) & IDR160.000 (dewasa)
Menuju Wisata Kopeng dari pusat Kota Yogyakarta

Berjarak cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 88 km membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk sampai di Wisata Kopeng. Menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan yang lebih efektif, mengingat ketersediaan transportasi umum yang terbatas.

Kawasan wisata Kopeng akan dipadati pengunjung terutama ketika muslim libur panjang. Akan lebih baik bila anda berkunjung pada hari biasa guna menghindari suasana yang terlalu ramai. Musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk berwisata, karena pada musim hujan pemandangan sering tertutup kabut yang mengakibatkan beberapa area outbound tidak semuanya dibuka.

Komentar