Wisata di Sulawesi

Pantai Losari


Di sekitar Pantai Losari, tepatnya di depan rumah Walikota Makassar, ada berbagai macam kuliner khas Makassar yang bisa kamu coba. Salah satunya ada Pisang Epe. Makanan ini berupa pisang yang dibakar kemudian dipipihkan dan disiram dengan gula merah. Dimakan hangat-hangat bakal makin melengkapi kunjungan kamu ke sini.

Taman Laut Bunaken


Jika ke Manado tanpa mengunjungi Taman Laut Bunaken pasti rasanya kurang lengkap. Keindahan ekosistem laut seluas 8,08 km2 ini telah menghipnotis para pecinta diving dan snorkeling dari seluruh dunia untuk menyaksikan sendiri surga bawah laut . Ada 29 titik untuk menyelam di Taman laut Bunaken, dan dari titik tersebut 12 diantaranya paling sering dikunjungi. Bunaken memiliki beragam biota laut yang luar biasa seperti 70 karang yang berbeda, lima spesies penyu, serta banyak spesies ikan dan para duyung yang nyaris punah bahkan hiu putih dan karang hitam, serta barracuda dan bahkan buaya air asin!

Tana Toraja


Tana Toraja terkenal dengan budayanya yang unik, ritual dan kuburan kunonya. Salah satu tradisi menarik yang selalu menyedot wisatawan asing adalah tradisi pemakaman Toraja. Tempat wisata Sulawesi ini sangat khas dan hanya dilakukan oleh kalangan bangsawan. Tradisi ini berlangsung selama berhari-hari dan salah satu ritual dalamnya adalah pembantaian kerbau. Karena keunikan tersebut maka Toraja menjadi salah satu tempat terpopuler hingga ke seluruh dunia.

Wisata Alam Taman Nasional Tangkoko


Kota Bitung, Sulawesi Utara, punya satu andalan tempat wisata alam. Namanya adalah Taman Nasional Tangkoko. Taman Nasional ini menjadi rumah bagi dua jenis hewan langka. Ada Tarsius yang merupakan primata yang bisa dibilang paling kecil di dunia dan Yaki, monyet dengan jambul yang menjadi ciri khas Sulawesi Utara.

Saat jalan-jalan di sini, kamu bisa ngerasain udara segar bebas polusi. Suara dari burung-burung yang berhabitat di sini akan menambah keasrian suasana. Sangat cocok untuk kamu yang sudah bosan dengan hebohnya suasana kota. Tiket masuk ke Wisata Alam Taman Nasional Tangkoko sekitar Rp 70.000 per-orang.

Wakatobi



Nama Wakatobi sendiri berasal dari singkatan empat nama pulau, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Biongko. Kalau kamu diving di sini, kamu bisa lihat gerombolan ikan warna-warni dan terumbu karang yang cantik. Tidak heran, kalau Wakatobi diakui dunia sebagai wisata bahari terbaik.

Selain diving, kamu juga bisa berkunjung ke rumah Suku Bajo yang merupakan penduduk asli Wakatobi. Rumah-rumahnya berupa rumah panggung di atas laut yang penghuninya sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Kapal-kapal yang bersandar di tiap rumah menambah keunikan pemandangan di sini. Jangan lupa juga buat menikmati pemandangan sunset dari Bukit Kayangan di Tomia. Di malam hari, kamu bisa lihat langit yang bertabur bintang di sini.

Kepulauan Togean



Kepulauan Togean ibarat untaian permata indah di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Terumbu karang yang masih sangat subur sehingga menjadi rumah idaman ratusan spesies ikan. Karena masih alami sehingga menjadi incaran pencinta wisata bahari. Sebutlah wisata menyelam, snorkeling, mancing, atau sekedar santai menikmati pantai pasir putih yang masih alami. Ternyata para peneliti pun tertarik datang di Kepulauan Togean. Terlebih ada beberapa jenis karang baru yang justru di temukan di sini. Yang menariknya lagi, dari ratusan spesies ikan, terdapat jenis Pracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp yang hanya ditemukan di Kepulauan Togean.

Bukit Doa Tomohon



Sulawesi juga menawarkan tempat wisata religi, seperti di Bukit Doa Tomohon. Tempat ini juga dikenal dengan banyak nama lain seperti Bukit Doa Manado, Bukit Kelong, dan Jalan Salib Mahawu. Berada di pegunungan dengan pemandangan hijau nan sejuk, di sini kamu bisa menemukan kapel dengan arsitektur unik bernama Chapel of Mother Mary.

Kamu juga bisa lihat Amphiteather, yang bentuknya menyerupai Colosseum. Tempat ini berbentuk setengah lingkaran dengan susunan beton bersusun untuk tempat duduk yang digunakan untuk retreat agama serta pertunjukan seni dan budaya. Ada juga Jalan Salib yang rutenya berakhir di Gua Maria, di mana banyak peziarah berdoa di gua ini. Nggak cuma umat Nasrani aja yang boleh berkunjung ke sini, semua penganut agama dan kepercayaan diperbolehkan ke sini untuk melihat pesonanya.

Danau Linow



Jika berkunjung ke Tomohon, kamu juga bisa mengunjungi Danau Linow. Keistimewaan tempat ini adalah air danaunya yang memancarkan tiga warna, yakni hijau, biru dan kuning kecokelatan. Walaupun warna airnya indah, jangan coba-coba buat berenang di sini, ya. Kandungan belerangnya yang sangat tinggi berbahaya buat tubuh.

Kamu bisa berjalan-jalan di tepian danau sambil menikmati pemandangannya. Jangan lupa untuk mengabadikan panorama indah Danau Linow dengan kamera. Biaya masuk kawasan ini sekitar Rp 25.000, sedangkan kalau kamu ingin berjalan ke tepiannya ada biaya tambahan sebesar 5.000.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Sulawesi yang populer. Untuk Anda yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Share this:

Komentar