Wisata di Papua Jayapura


1. Puncak Ifar


Dari bandara menuju Jayapura, wisatawan bisa belok sejenak ke salah satu bukit. Pada masa Perang Dunia silam, Jenderal Mac Arthur memimpin pasukannya dari bukit yang dinamakan Puncak Ifar.

Wisata Jayapura yang satu ini sebetulnya adalah markas TNI, Rindam XVII Cendrawasih. Secara otomatis, Tugu Mac Arthur adalah tempat wisata Jayapura yang paling aman, karena jelas-jelas berada di markas TNI. Jika wisatawan pergi pada hari kerja, kadang-kadang bisa lihat tentara yang sedang menuju tempat latihannya.

Wisatawan bahkan bisa menyaksikan bagaimana pesawat dalam ukuran mungil melayang di atas danau sampai kemudian perlahan menyentuh landasan. Atau sebaliknya, ketika ada pesawat tinggal landas. Istimewanya pesawat itu ada di bawah Puncak Ifar, jadi prosesnya dapat disaksikan dengan sempurna. 

2. Danau Sentani



Jika dari Puncak Ifar wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Sentani dari ketinggian, maka sempatkan juga untuk mengunjungi langsung Danau Sentani ini.

Menikmati keindahan wisata Jayapura yang satu ini dari dekat juga tak akan mengurangi kecantikan dan keindahannya. Padang sabana hijau yang ada di sekeliling Danau Sentani menjadi salah satu panorama yang membuat mata dan pikiran kembali segar dan fresh.

i

Senja di Danau Sentani bahkan tak kalah cantik dari senja di Pantai Lombok atau Bali. Jadi sesekali cobalah untuk mampir ke Danau Sentani saat sore hari.

Namun perlu berhati-hati saat kembali dari danau ini. Beberapa orang menyarankan untuk tidak kembali terlalu malam karena alasan keamanan. 

3. Teluk Youtefa


Teluk Youtefa menjadi salah satu tujuan wisata Jayapura yang tawarkan panorama alam Papua. Tempat wisata yang masuk dalam area Taman Wisata Alam ini memiliki luas sekitar 1.675 hektar dan terletak di tengah – tengah Teluk Yos Sudarso. Teluk Youtefa ini berada di kawasan Enggros, Wai Mhorock, Abepura, Kota Jayapura.

Dari pusat kota Jayapura, wisatawan hanya perlu berkendara sekitar kurang lebih 15 menit dengan menggunakan ruas jalan Jayapura-Entrop. Jika memilih ruas jalan Jayapura-Abepura maka wisatawan butuh waktu sekitar 25 menit dengan jarak tempuh 13 km. 

4. Pantai Base G

Tempat wisata di Jayapura selanjutnya adalah Pantai Base G. Nama yang cukup unik, dan pastinya wisata Jayapura ni punya pemandangan alam yang menakjubkan. Alasan lain mengapa wisata Jayapura ini begitu digemari wisatawan adalah lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota Jayapura. Pantai ini berada di Tj. Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua

Pantai dengan pasir putih dan ombak tenang ini bisa jadi pilihan destinasi wisata bagi para pekerja atau pebisnis yang tak punya banyak waktu untuk liburan di tengah padatnya pekerjaan. 
]
5. Pantai Yacob




Pantai Yacoba merupakan wisata Jayapura yang masih jarang didatangi wisatawan. Mungkin karena lokasinya yang berada di balik tebing, sehingga cukup sulit dijangkau. Meski demikian, siapapun yang pernah datang ke Pantai Yacoba ini pasti ingin kembali. Pantainya yang masih bersih dan pasir putihnya yang cantik membuat pantai ini mudah untuk dirindukan.

Komentar