Wisata di Makasar


1. Fort Rotterdam


Fort Rotterdam merupakan ikon wisata sejarah Makassar, sisa peninggalan pendudukan kolonial Belanda.
Di sini Kamu akan menemukan banyak benda peninggalan zaman dulu, seperti berbagai alat pertanian, penggilingan padi, pakaian adat daerah, peninggalan dalam bentuk gulungan, dan masih banyak yang lain. Semuanya bisa dilihat di sini.
Berlama-lama di komplek benteng hingga menjelang sore menjadi ide bagus. Saat kaki melangkah keluar, senja dengan semburat cahaya kemerahan akan menyambut.
Tempat ini beroperasi tiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIT. Masuk tempat ini nggak dipungut biaya, kecuali Kamu ingin masuk museum.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar.

2. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park merupakan tempat wisata yang nggak boleh dilewatkan saat Kamu berkunjung ke Makassar.

Memiliki luas 7,2 hektar, wahana ini terbilang komplit. Gowa Discovery Park memiliki waterboom, taman burung, hingga arena outbond.

Tarif masuk di Gowa Discovery Park berbeda, sesuai wahana yang diakses. Jika Kamu masuk ke wahana waterboom dengan tiket Rp65.000,-, Kamu juga akan mendapat gratis akses menikmati taman satwa. Untuk wahana outbound, pengunjung dikenakan biaya Rp40.000,- per orang. Kalau ingin menikmati semua wahana, belilah tiket terusan seharga Rp 100 ribu per orang. Bagi yang membawa anak di atas umur satu tahun, akan dikenakan tiket sama seperti tiket pengunjung dewasa.

Gowa Discovery Park beroperasi pukul 08.00 – 17.00 WIT.

Lokasi: Tempat wisata ini berdekatan dengan Benteng Somba Opu di Jalan Tumanurung, Benteng Somba Opu, Barombong, Kota Makassar.

3. Pulau Kodingareng Keke


Berjarak 14 km dari Pantai Losari Makassar, Pulau Kodingareng Keke layak disebut ‘hidden paradise’-nya Makassar.
Wisata alam ini cocok untuk melepas penat. Pasir pantai di Pulau Kodingareng Keke berwarna putih halus. Air lautnya pun masih jernih, berwarna biru tosca.
Pulau Kodingareng Keke merupakan pulau yang nggak berpenghuni. Di sini terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai.Namun, di sini tidak terdapat penjual makan/minum, jadi mending Kamu siapkan sebelum berkunjung.

Lokasi: Dari pusat kota Makassar, Kamu bisa langsung menuju Dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga yang ada di depan Benteng Fort Rotterdam. Kamu bisa menyewa sebuah perahu motor di salah satu dermaga. Tarif sewa perahu berkapasitas 10 orang adalah sekitar Rp500.000,- atau tergantung kesepakatanmu dengan pemilik perahu. 

4. Pantai Akkarena


Pantai Akkarena ini terkenal sebagai pantai di Makassar dengan spot sunset terindah. Selain itu, Pantai Akkarena dilengkapi area khusus untuk memancing. Cocok dijadikan pilihan tempat rekreasi bersama keluarga, juga bisa dijadikan lokasi pre-wedding atau sekadar bersantai di pinggir pantai.
Daya tarik utama tempat wisata Pantai Akkarena adalah dermaga sepanjang 150 meter. Dari dermaga inilah kita dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam.
Lokasi: Komplek Tanjung Bunga Kav. 3-5, Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Tj. Merdeka, Tamalate, Kota Makassar.

5. Jalan Somba Opu
o

Tempat ini dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Makassar. ‘Malioboro’-nya Makassar. Begitu kesan tentang tempat ini.
Suasananya cukup bersahabat untuk dinikmati dengan berjalan kaki. Berbagai oleh-oleh khas Makassar- seperti kapal phinisi dalam botol atau minyak gosok cap tawon asli Makassar- lengkap tersedia. Paling menarik dan banyak diburu para traveler adalah aksesoris emas dan perak dengan kualitas tinggi, namun harga ramah di kantong.

Lokasi: Jalan Somba Opu berada di kelurahan Maloku, Kec. Ujung Pandang, bagian barat kota Makassar.

Komentar