Wisata di Laos

Pha That Luang


 Pha That Luang dibangun pada abad ke-3 dan pernah mengalami beberapa kali renovasi, salah satunya adalah pada tahun 1930. Tempat wisata Laos yang satu ini disebut-sebut sebagai monumen yang penting danmerupakan simbol nasional. Berbentuk seperti piramida, Pha That Luang merupakan stupa besar peninggalan Buddha dengan tinggi lebih dari 45 m dan lebar 69 m. Yang uniknya lagi, seluruh bagiannya ditutupi dengan 500 kg emas murni dan melambangkan kemegahan negara Laos.

Buddha Park


Tempat wisata terbaik di Laos selanjutnya adalah Buddha Park atau biasa juga yang dikenal sebagai Xieng Khuan. Taman patung ini terletak 25 km sebelah tenggara kota Vientiane, Laos. Meskipun tidak ada candi (wat) di sekitarnya, taman ini biasa disebut Wat Xieng Khuan, karena mengandung banyak unsur agama yang berbeda-beda. Terdapat lebih dari 200 patung Hindu dan Buddha yang menjadikan pemerintah setempat membuat taman ini sebagai tempat wisata. Patung-patung ini akan terlihat seperti dari abad 17-18an, namun ternyata diperkirakan pembuatannya dilakukan oleh Luang Pu Bunleua Sulilat pada tahun 1958.

Wat Xieng Thong


Wat Xieng Thong merupakan candi Buddha yang lokasinya ada di ujung utara Semenanjung Luang Prabang. Tempat yang dibangun pada 1559 ini merupakan sebuah monumen simbol semangat serta seni tradisional. Pembangunan candi Buddha ini dilakukan oleh Raja Settharitath dan tepatnya ada di pertemuan antara Sungai Mekong dengan Sungai Nam Khan. Pada tahun 1950-1960an, pemerintah Laos melakukan renovasi secara keseluruhan untuk memperbaiki candi-candi yang rusak karena kurang terawat dan rusak akibat peperangan. Sekarang bisa dilihat kemegahan dari Wat Xieng Thong yang menakjubkan dengan pintu kayu berukir dan dilapisi emas.

Wat Si Saket


Mengusung arsitektur Buddha gaya Siamese, candi yang satu ini dibangun atas perintah dari Raja Anouvong (Setthatirath V). Pada dinding Wat Si Saket, kita akan melihat banyak keramik perak yang diperkurakan jumlahnya mencapai lebih dari 2000 buah. Ciri khas kuil paling tua di Laos ini selain keramik perak, sedikitnya ada 7000 patung Buddha yang dipasang di depan Wat Si Saket. Selain keindahan arsitektur, tempat ini juga memiliki museum yang tidak kalah menarik.

Sungai Mekong

 

Tidak lengkap rasanya datang ke Laos tanpa berkunjung ke sini. Sungai Mekong diklaim sebagai sungai terpanjang di Kawasan Asia Tenggara dengan panjang mencapai 4.350 km. Sungai Mekong juga dinobatkan sebagai salah satu yang utama di dunia karena memiliki volume air yang lebih banyak dibandingkan sungai lain di dunia. Ketinga menyusuri Sungai Mekong, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah, mulai dari kawasan Huay Xai yang berada di perbatasan Thailand sebelah utara sampai ke Kota Luang Prabang. Selain itu, ada sepasang air terjun yang mengukir Sungai Mekong, yaitu Pha Pheng Falls dan Khone Falls dengan kucuran air yang memancarkan warna hijau zamrud mempesona.

Bolaven Plateau


ini adalah sebuah dataran tinggi yang terletak di antara Pegunungan Annamite di perbatasan negara Laos dan Vietnam. Memiliki ketinggian berkisar 1.000-1.50 mdpl, daya tarik utama Bolaven Plateau adalah sungai-sungai yang melintasi lokasi dan sejumlah air terjun yang indah. Meski ada banyak air terjun, kamu harus mengunjungi Air Terjun Tad Lo yang dikelilingi beraneka tanaman. Atau kamu bisa berkunjung ke air terjun paling tinggi di Laos bernama Dong Hua Sao yang ketinggiannya mencapai 120 meter.

Komentar