Wisata di Lampung


1. Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi



Pulau Sebesi yang memiliki jarak sekitar 17 kilometer atau satu jam perjalanan dari kawasan Gunung Krakatau sering menjadi tempat paling aman untuk mengamati aktivitas Gunung Krakatau.

Bukan hanya mengamati aktivitas Gunung Krakatau saja, pengunjung juga bisa snorkeling, hiking ke gunung Pulau Sebesi dan melihat air terjun, hingga bermain kano.
Cara menuju Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi:

Untuk bisa menjelajahi kawasan Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi Kamu bisa melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Dermaga Canti Kalianda dan memesan kapal yang biasanya menawarkan beberapa spot lain selain seperti Pulau Sebuku dan Umang-umang. Harga trip ini biasanya dibanderol Rp 3 juta.


2. Kota Bandar Lampung


Festival budaya seperti Lampung Krakatau Festival ini biasanya menampilkan tarian, kuliner, permainan daerah, hingga kain tapis sebagai kain khas daerah Lampung yang dibuat menggunakan cara tradisional.

Di Kota Bandar Lampung ini pengunjung juga bisa membeli buah tangan untuk keluarga.
Cara menuju ke Kota Bandar Lampung:

Jika turun dari Bandara Raden Inten II, pengunjung hanya perlu naik kendaraan menuju Kota Bandar Lampung. Perjalanan biasanya hanya sekitar 45 menit dari Bandara.
Penginapan:

Penginapan di Kota Bandar Lampung sangatlah beragam, ada yang mahal ada juga yang murah. Penginapan di sini dibanderol mulai dari Rp 120 ribu hingga Rp 1 juta lebih.
Wisata Kota Bandar Lampung:
Museum Lampung
Slanik Waterpark, waterpark terbesar di Lampung
Pantai Mutun
Pantai Sari Ringgung
Taman Kupu-kupu
Air Terjun Batu Putu
Monumen Krakatau
Anjungan Tulang Bawang


3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan


Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan kawasan yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Taman nasional ini dilindungi dalam rangka pelestarian hutan hujan tropis.

Di taman nasional ini terdapat pantai, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan yang menjadi rumah para Gajah Sumatera, Badak Sumatera, dan Harimau Sumatera. Jika beruntung, para pengunjung juga bisa melihat Rafflesia Arnoldi dan Kantong Semar di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini.

Cara menuju ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan:

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan berada 170 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Pengunjung bisa melakukan perjalanan awal dengan menaiki kendaraan umum di terminal Rajabasa ke Kota Agung di Kabupaten Tanggamus.

Kantor Balai Besar TNBBS berada di jalan Ir. H. Juanda 19, Kota Agung, Tanggamus. Lapor dan izin terlebih dahulu ke TNBBS. 


4. Wisata Taman Nasional Way Kambas


Taman Nasional Way Kambas adalah pusat konservasi hewan-hewan yang hampir punah seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, Badak Sumatera, dan Buaya Sepit.

Taman Nasional Way Kambas terletak di Kabupaten Lampung Timur dan banyak menyimpan pemandangan yang tidak biasa. Di sini pengunjung juga bisa melihat Kuan Raja, Burung Pependang Timut, Bangau Tongtong, dan Sempidan Biru serta masih banyak lagi hewan unik dan langka lainnya.


5. Teluk Kiluan




Teluk Kiluan adalah sebuah tempat yang terkenal dengan pemandangan lumba-lumba di lautan lepas. Di sini para lumba-lumba biasa hidup dan beraktivitas.

Selain bisa melihat lumba-lumba, para pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Kelapa yang berada di dekat Teluk Kiluan yang terkenal dengan pasir lembut dan indah. Bukan hanya itu saja, di dekat Teluk Kiluan juga terdapat Laguna Gayau, sebuah kolam air alami yang terjebak oleh bebatuan karang. Pengunjung bisa berendam di sini dengan tenang.
Cara menuju ke Teluk Kiluan:

Teluk Kiluan berada di wilayah Tanggamus. Untuk bisa sampai di sana Kamu bisa menggunakan Bus Damri dari Terminal Rajabasa Bandar Lampung menuju Hanura, setelah sampai ke Hanura carilah ojek untuk diantarkan menuju Desa Bawang. Nah, setelah itu Kamu bisa naik ojek lagi untuk bisa sampai di Teluk Kiluan. Dari Teluk Kiluan, Kamu bisa memesan kapal untuk menuju Pulau Kiluan.

Komentar