Tempat Wisata Terindah di Indramayu


Hutan Mangrove Karangsong


Seperti yang kita ketahui bahwa letak Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara. Tidak heran jika Kabupaten Indramayu memiliki kawasan hutan mangrove yang bertujuan untuk mencegah abrasi air laut dan menjadi habitat bagi spesies ikan yang tinggal di sana. Hutan mangrove Karangsong merupakan hutan mangrove di Kabupaten Indramayu yang memiliki potensi tempat wisata Indramayu Jawa Barat yang tinggi. Hutan mangrove Karangsong berlokasi di Desa Karangsong yang berada di Kecamatan dan Kabupaten Indramayu. Tempat wisata di Kabupaten Indramayu ini menyuguhkan keindahan keasrian hutan mangrove di Desa Karangsong yang bisa kita nikmati dengan menggunakan perahu.

Waduk Cipancuh



Objek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Indramayu adalah Waduk Cipancuh. Selain berfungsi sebagai objek wisata Indramayu terbaru, Waduk Cipancuh menjadi sumber untuk irigasi sawah yang ada di Kabupaten Indramayu. Waduk Cipancuh berlokasi di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. Waduk Cipancuh yang dibangun saat era Kolonial Belanda pada tahun 1927 memiliki luas yaitu 70 hektare.

Pulau Biawak

 

Pulau Biawak adalah sebuah kepulauan kecil di Laut Jawa dan masih tergabung dalam wilayah Kabupaten Indramayu. Pulau Biawak dapat ditempuh dari pusat Kabupaten Indramayu sekitar 40 kilometer. Pulau Biawak terdiri atas tiga pulau kecil yang dinamai dengan Pulau Biawak, Pulau Candikian dan Pulau Gosong. Ada banyak biawak yang bisa ditemukan di Pulau Biawak. Selain itu, di Pulau Biawak ada sebuah mercusuar tua yang bertugas untuk membantu jalannya lalu lintas kapal laut yang beroperasi di perairan Kabupaten Indramayu.

Taman Cimanuk


Objek wisata Indramayu kota yang baru-baru ini dikenal oleh masyarakat luas adalah Taman Cimanuk. Taman Cimanuk merupakan sebuah taman yang berada di kawasan Masjid Agung Indramayu, tepatnya di Jalan Veteran. Taman Cimanuk menjadi pilihan terbaik jika kita mencari tempat wisata di Kabupaten Indramayu yang murah meriah tetapi memiliki pemandangan yang bagus. Di Taman Cimanuk pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau sekadar berkeliling taman saja.
Situs Buyut Banjar

Tidak hanya menyuguhkan tempat wisata alam di Indramayu saja. Kabupaten Indramayu juga menyuguhkan pesona wisata sejarah yang edukatif seperti Situs Buyut Banjar. Situs Buyut Banjar berlokasi di Desa Bulak Kidul. Di objek wisata ini pengunjung bisa berziarah makam dari Buyut Banjar atau Pangeran Surya Negara. Di Situs Buyut Banjar juga terdapat 41 ekor monyet yang dipercaya penduduk Kabupaten Indramayu sebagai prajurit dari Kerajaan Karang Kendal yang dulunya dikutuk. Sehingga, suasana dari Situs Buyut Banjar tidak jauh berbeda dengan suasana hutan monyet yang ada di Ubud, Bali.
Pantai Lemah Abang

Kabupaten Indramayu yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara memiliki banyak pantai. Pantai-pantai yang berada di pesisir Kabupaten Indramayu menyuguhkan keindahan yang bisa dinikmati selagi dalam perjalanan menyusuri jalur Pantura seperti Pantai Lemah Abang. Pantai Lemah Abang berada di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eratan, Kabupaten Indramayu. Di Pantai Lemah Abang pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang berisi batu-batu besar yang sengaja diletakkan guna mencegah abrasi air laut. Pengunjung juga tidak perlu takut kelaparan karena Pantai Lemah Abang terkenal dengan seafood-nya.
Pantai Blayem

Pantai Blayem bisa menjadi rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga ketika libur akhir tahun tiba. Pantai Blayem berlokasi di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Ombak di Pantai Blayem tidak terlalu besar karena sudah ada deretan pemecah ombak yang dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu. Dengan begitu, anak-anak akan aman jika bermain di laut yang ada di Pantai Blayem.

Pantai Balongan Indah



Bali juga ada di Kabupaten Indramayu. Bali di Indramayu merupakan kependekan dari Pantai Balongan Indah. Pantai Balongan Indah merupakan pantai tercantik yang ada di Kabupaten Indramayu meski pun pasirnya berwarna hitam. Pantai Balongan Indah berlokasi di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Saat terbaik untuk mengunjungi Pantai Balongan Indah adalah saat sore hari ketika matahari nyaris terbenam dan pagi hari saat matahari akan terbit. Dari pesisir Pantai Balongan Indah pengunjung bisa menyaksikan indahnya proses matahari terbit dan terbenam.

Komentar